7 Contoh Artikel Ilmiah Populer Tentang Akuntansi Lengkap

Contoh artikel ilmiah populer tentang akuntansi akan kamu temukan dalam artikel ini secara lengkap, seperti contoh artikel ilmiah tentang akuntansi ekonomi, akuntansi keuangan dan lain sebagainya.

1 Fashion murah

Selain itu kamu juga akan memahami pengertian dari artikel ilmiah populer itu sendiri.

fashion muslim murah

Apa Itu Artikel Ilmiah Populer?

Artikel ilmiah populer di artikan sebagai artikel ilmiah yang di tulis dengan gaya bahasa populer yaitu gaya bahasa media atau jurnalistik bertujuan untuk di muat di media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid atau media online lainnya.

Contoh Artikel Ilmiah Populer Tentang Akuntansi

Berikut merupakan contoh artikel ilmiah populer tentang akuntansi, yaitu:

1. Contoh Artikel Ilmiah Populer Tentang Akuntansi

Sejak tahun 2015 berdasarkan Peraturan Mentri Riset dan Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi mahasiswa jenjang megister.

Memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi karya ilmiahnya dalam bentuk minimal artikel di jurnal terakreditasi nasional. Kebijakan ini di tempuh dalam akselerasi pengembangan iklim riset Indonesai yang masih rendah.

1 Fashion murah

Indonesia tergolong output publikasi ilmiah yang rendah. Situs Scimago menunjukan Indonesia memiliki rengking 50 dari 229 negara.

Dan untuk bidang ilmu bisnis, ekonomi manajemen dan akuntansi berada pada rangking 38. Sedangkan untuk wilayah ASEAN Indonesia masih di bawah Thaiand dan Malaysia.

Meskipun cukup menantang Indonesia dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Tercatat dalam di tahun 2020 riset menujukan Indonesia memiliki peningkatan di bidang akuntansi dan keuangan.

Dimana di wilayah ASEAN menjadi No. 1 sehingga kebijakan tersebut sangat berdampak sesuai dengan yang dikehendaki.

2. Contoh Artikel Ilmiah Tentang Akuntansi Indonesia

Sebagai negara berkembang Indonesia memiliki sector bisnis dan pelaku yang sangat heterogen, insight riset yang diperoleh akan memiliki implikasi kebijakan negara berkembanga lain dengan karakteristik sama seperti Brazil, India dan Thailand.

Perubahan iklim contohnya telah memicu dorongan kepada korporasi untuk menerbitkan sustainnability report. Pertanyaan riset yang biasa muncul adalah bagaimana dampak laporan ini terhadap standing perusahaan khususnya dimata investor.

1 Fashion murah

Uraian di atas menunjukan seharusnya civitas academia tidak akan kehabisan ide mengenai topik apa yang menarik untuk di teliti.

Hal ini merupakan tantangan besar khususnya civitas academia di Indonesia terutama di tinjau dari aspek sumber data, penyajian style dan meta analisa.

Baca juga: Contoh Artikel Kesehatan di Lingkungan

3. Contoh Artikel Tentang Resesi Ekonomi Global

International Monetary Fund (IMF) selaku lembaga kerjasama ekonomi internasional antar negara di dunia menuturkan bahwa 2022 ini bisa dikatakan sebagai tahun yang kelam.

IMF menuturkan ekonomi global saat ini sedang dalam kondisi yang tidak stabil pasca serangan pandemi covid-19 selain itu akibat perang Ukraina-Rusia serta iklim yang tidak menentu di berbagai Negara di dunia. Dan mengancam terjadinya resesi global.

Resesi global itu sendiri merupakan suatu keadaan ekonomi yang memiliki dampak secara global serta menyeluruh. Dimana pertumbuhan ekonomi semakin turun dari waktu ke waktu.

1 Fashion murah

4. Contoh Artikel Tentang Resesi Ekonomi Global Mengakibatkan PHK

Bapak Presiden Joko Widodo menjelaskan pada pidatonya bahwa Indonesai menghadapi kemungkinan ancaman resesi pada tahun 2023 mendatang. Karena di lihat dari perekonomian sejak 2020 yang terus mengalami penurunan hingga tahun 2022 ini.

Pada tahun ini pertumbuhan ekonomi global hanya sekitar 3,2 persen. Dan tahun 2020 mencapai 6,1 persen. Terlihat ekonomi global mengalami resesi. Dan hal tersebut akan berdampak pada Indonesia. Terutama dalam sektor lapangan kerja.

Kondisi ekonomi yang rentan dan tidak stabil membuat para pelaku usaha memilih mengefesienkan para tenaga kerja dengan cara PHK dengan harapan dapat meminimalisir pengeluaran untuk gaji karyawan.

Baca juga: Salah Satu Tujuan Karangan Eksposisi Adalah?

5. Contoh Artikel Keuangan Dan Kinerja Keuangan

Penilaian kinerja bagi perusahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan hal inidigunakan untuk mengukur dan mengevaluasi, sehingga di dapat suatu gambaran posisi keuangan secara menyeluruh melalui laporan.

Laporan keuangan itu sendiri terdiri dari 5 komponen diantaranya adalah komponen laporan keuangan, analisis horizontal, analisis vertikal, analisis internal, analisis eksternal, tehnik analisis rasio.

1 Fashion murah

Dari artikel ini di harapkan dapat menambah pengetahuan individu, investor, serta perusahaan dalam menganalisis laporan keuangan perusahaan.

Karena hal tersebut terkait dengan kesehatan kinerja dan kondisi perusahaan kelak yang menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut.

Baca juga: Contoh Artikel Tentang Narkoba Pelajar

Struktur Artikel Ilmiah Populer Tentang Akuntansi

Setelah kita mengetahui beberapa contoh artikel ilmiah populer tentang akuntansi. Selanjutnya akan di bahas mengenai struktur artikel ilmiah populer, diantaranya adalah:

  1. Judul
    Judul mencerminkan isi dari artikel ilmiah itu sendiri namun judul di tulis sederhana, komunikatif, serta menarik.
  2. Pendahuluan
    Menjelaskan mengenai pengenalan dari artikel ilmiah tersebut. Biasanya dijelaskan latar belakang masalah yang akan dibahas.
  3. Badan atau Isi
    Isi artikel ilmiah populer itu berisi tentang pandangan atau pun analisis penulis mengenai topik yang dibahas. Biasanya penulis akan menambahkan beberapa argumentasi dari para ahli dan data yang mendukung suatu penulisan.
  4. Penutup
    Dan terakhir struktur artikel ilmiah tentang akuntansi isinya berisi kesimpulan atau juga pesan dan saran-saran yang akan mengatasi permasalahan yang tengah dikaji.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu