Cara Menulis Abstrak Tugas Akhir yang Benar [Lengkap]

Cara menulis abstrak yang baik dan benar dimulai dengan menuliskan latar belakang tulisan, metode penelitian, hasil penelitian. Tetapi, kamu harus menuliskannya dengan kata dan kalimat yang seringkas mungkin.

1 Fashion murah

Selain itu, di bagian akhir paragraf abstrak juga memuat adanya penggunaan kata kunci yang digunakan. Kata kunci ini adalah kata yang benar-benar mewakilkan isi karya ilmiah yang sudah kamu buat.

fashion muslim murah

Apa Itu Abstrak karya Ilmiah?

Abstrak karya ilmiah yaitu sebuah bagian dari karya tulis yang membantu menjelaskan secara ringkas dan detail kepada pembaca mengenai isi dari karya ilmiah.

Tujuan Menulis Abstrak dalam Karya Ilmiah

Adapun tujuan menulis abstrak dalam karya ilmiah yang harus kamu ketahui yaitu:

1. Memberikan Pemahaman Secara Singkat

Abstrak dalam karya ilmiah hanya memuat 100 sampai dengan 300 kata saja. Tentu saja dalam satu paragraf tersebut memuat rangkuman isi karya tulis yang kamu buat.

Tujuan dibuatnya abstrak yaitu untuk memberikan pembahaman secara singkat kepada pembaca di bagian awal karya tulis.

1 Fashion murah

2. Menghemat Waktu Membaca

Dengan adanya abstrak maka para pembaca dapat langsung memahami isi dari karya tulis tanpa harus membaca keseluruhan. Oleh karena itu, abstrak biasanya memang hanya memuat kalimat-kalimat yang penting saja.

3. Menghindari Plagiarisme

Melalui pembuatan abstrak maka akan ada sedikit pemaparan tentang penelitian yang dilakukan. Mulai dari metode penelitian hingga hasil penelitiannya.

Ketika kamu membuat karya tulis lalu mencari referensi, untuk menghindari plagiarisme maka dapat melihat bagian abstraknya.

Pastikan karya tulismu memang berbeda dengan karya tulis yang dimiliki oleh tulisan orang lain.

4. Adanya Kata Kunci

Abstrak memuat kata kunci yang mendominasi dari hasil penelitian yang dilakukan. Dengan hanya membaca abstrak, kamu sudah dapat melihat kata kunci yang merupakan kata penting yang melambangkan isi dari karya tulis yang sudah kamu buat.

Cara Menulis Abstrak Tugas Akhir yang Benar

Adapun langkah-langkah dalam cara menulis abstrak tugas akhir yang baik dan benar untuk kamu ketahui, yaitu:

1 Fashion murah

1. Menulis Latar Belakang

Setelah kamu menuliskan judul halaman Abstrak maka di bagian paragraf pertama kamu dapat meyertakan tulisan yang membahas tentang latar belakang karya tulis yang kamu buat.

Jadi, ketika membaca abstrak sudah mengetahui latar belakang karya tulis ilmiah secara singkat tanpa harus membaca bagian bab I Latar Belakang secara menyeluruh terlebih dahulu.

Pastikan, penyampaian latar belakang hanya terurai dalam satu paragraf saja, tidak perlu terlalu panjang. Yang penting satu paragfar latar belakang tersebut mudah untuk dipahami pembaca.

2. Menerangkan Teori yang Relevan

Dalam bagian abstrak sebaiknya, kamu juga menerangkan mengenai penelitian yang kamu bahas sudah pernah dilakukan oleh orang lain atau belum. Jika sudah pernah maka kamu dapat menerangkan sedikit apa perbedaannya dengan penelitian yang kamu lakukan.

Dengan demikian maka kamu dapat menerangkan secara tidak langsung bahwa karya kamu ini memang tidak plagiarisme.

3. Menuliskan Metode Penelitian

Selanjutnya, di bagian abstrak kamu juga harus menuliskan metode penelitian secara detail. Kamu harus menuliskan data dan sumber data secara real dan tepat.

1 Fashion murah

Kemudian kamu dapat menjelaskan tahapan dalam menjalankan metode penelitian dengan serinci mungkin.

4. Menuliskan Hasil Penelitian

Tuliskan hasil penelitian dalam abstrak dalam satu paragraf saja sehingga tidak disarankan untuk menggunakan kalimat yang berbelit-belit. Oleh karena itu, menyampaikan hasil penelitian dalam abstrak memang benar-benar harus jelas.

Tujuannya yaitu agar pembaca yang membaca hasil penelitianmu di bagian abstrak akan merasa tertarik untuk membaca kembali di bab iv pembahasan.

Dengan demikian maka pembaca akan membuka bab IV untuk mengetahui isi karya tulis dengan lebih detail dan rinci.

5. Tuliskan Simpulan

Untuk bagian akhir abstrak sebaiknya juga terdapat sedikit kalimat yang menjelaskan tentang simpulan dari hasil penelitian yang sudah dibuat. Dengan demikian maka akan memudahkan pembaca menyimpulkan isi dari karya tulis yang kamu buat.

6. Kata Kunci

Dalam membuat abstrak tidak lupa untuk menyertakan penggunaan kata kunci dengan tepat. Hal tersebut akan memudahkan pembaca untuk mengetahui isi karya tulis yang kamu buat dengan cepat.

1 Fashion murah

Contoh Penulisan Abstrak yang Baik dan Benar

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai nasionalisme yang dimiliki oleh anak-anak SMP di era sekarang. Selain itu, bagaimana cara siswa siswi SMP mengimplementasikan nilai nasionalisme dalam kehidupan nyata.

Pendekatan atau teori yang digunakan untuk mengetahui nilai nasionalisme pada siswa siswi SMP yaitu menggunakan penedekatan sosiologi yang menghubungkan dengan tingkah dan kehidupan masyarakat.

Data dalam penelitian ini berupa perilaku objek atau siswa dalam berperilaku yang mencerminkan sikap nasionalisme. Untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menganalisis data yang berupa penyajian data, reduksi data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian yang ditemukan yaitu nilai nasionalisme dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, dari perilaku siswa-siswi SMP di sekolah.


Kata kunci: siswa SMP, nasionalisme, sosiologi, dan implementasi.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu