Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

By

Artikel opini merupakan tulisan yang bernada kritikan dan saran terhadap suatu kebijakan atau hal tertentu yang dianggap tidak sesuai dengan aturan atau kehendak pikiran kita. Siapa saja boleh menulis dan membuat artikel opini. Tapi perlu diperhatikan, karena cara menulis artikel opini ini tidak semudah yang dibayangkan.

Terutama jika artikel tersebut diperuntukkan bagi lembaga atau badan tertentu. Menuliskan artikel opini boleh dan syah-syah saja. Akan tetapi ada norma dan aturan penulisan khusus yang harus diperhatikan dalam penulisannya.

Note:

Saya hanya berbagi informasi saja. Bukan maksud menggurui. Kamu bebas mau terima dan gunakan trik ini atau tidak (bebas saja saya mah)

Poin 1. Pilih Topik yang Tepat

Sebelum mulai menulis artikel opini, baiknya kamu tentukan dan pilih dulu topik apa yang akan kamu buat. Pemilihan topik ini menurut saya penting banget. Karena bisa memudahkan kamu ketika menulis.

Menentukan topik artikel opini, bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Pastikan Topiknya Masih Hangat

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Artikel opini sangat berkaitan dengan trends, maka sangat bagus sekali jika kamu pilih topik yang memang lagi rame saat ini. Apalagi jika kamu bikin artikel opini untuk diterbitkan di surat kabar.

Maka poin penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan topiknya yang harus masih hangat. Redaktur pasti akan memilih artikel opini dengan tema yang masih hangat ketimbang yang sudah basi.

  • Lihat di internet, topik apa yang sedang ramai diperbincangkan
  • Pastikan masih jarang orang yang menuliskan tentang opini di topik tersebut
  • Pastikan topik yang dipilih memiliki banyak peminatnya

2. Pilih Topik Sesuai Selera dan Kamu Sukai

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Jangan asal rame dan trends saja, kamu juga harus perhatikan selera kamu sendiri ketika memilih topik tersebut. Lho kenapa harus sesuai dengan minat pribadi?

YA namanya juga opini, tentu harus punya sudut pandang sendiri terhadap topik itu. Jika kamu tidak minat terhadap topiknya, bagaimana kamu bisa kasih opini?

  • Pastikan kamu paham topik yang kamu pilih
  • Kamu memang up to date dengan topik yang dipilih
  • Topiknya benar-benar kamu kuasai dengan baik

3. Punya Pengetahuan yang Cukup Terhadap Topik yang Dipilih

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Namanya juga beropini, YA kita harus punya kapasitas dan pengetahuan yang cukup terhadap topik yang kita bahas. Artikel opini ini seperti berkomentar, maka komentarilah hal atau topik yang kita pahami.

Kalo membuat opini tanpa pengetahuan yang cukup, hasil atau kesannya akan jadi so tahu. Parahnya, tidak akan sesuai dengan standar keilmuan dan opini kita akan jadi ngawur nantinya.

  • Punya kapasitas dan pengetahuan yang memadai untuk beropini pada topik yang dipilih
  • Minimal punya data yang cukup untuk membuat opini terkait sebuah topik
  • Jangan sembarangan beropini tanpa dasar ilmu yang kuat

Poin 2. Cara Menulis Artikel Opini

Setelah kamu pilih topik artikel yang pas, berikutnya tinggal kamu tulis deh artikel opininya.

Cara menulis artikel opini ini susah-susah gampang. Disebut gampang karena artikel opini ini seperti menuangkan pendapat sendiri terhadap topik yang kita pilih.

Disebut susah, karena ada aturan yang harus kita taati dalam proses penulisannya.

1. Tulis Langsung Poin Bahasan

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Tidak perlu banyak basa-basi, menulis artikel opini bisa kamu mulai dengan menuliskan poin penting bahasannya di awal artikel.

Langsung saja bahas apa yang jadi poin opini kamu dan apa saja ide kamu terhadap topik tersebut. Buat pembaca tertarik dengan ide dan pandangan kamu terhadap opinimu.

  • Tidak perlu menuliskan pembukaan yang memutar
  • Bahas langsung poin utama yang jadi opini kamu dan harus publik ketahui
  • Tuliskan poin terpenting dulu dari apa yang akan kamu komentari dari topik pilihan

2. Buat Opini Terlihat Nyata dengan Dukungan Data dan Fakta

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Buat pembaca jadi lebih antusias dengan opini yang kamu buat. Sertakan bukti empiris dengan data dan fakta yang memang benar dan terjadi sat ini.

  • Data akan memperkuat opini yang kita lontarkan itu memang benar dan bisa disepakati pembaca
  • Masukkan detail lainnya yang mendukung opini kita dan bisa diterima oleh pembaca

3. Berikan Alasan Kenapa Pembaca Harus Peduli

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Libatkan pembaca ke dalam artikel. Sertakan alasan, kenapa pembaca juga harus peduli dengan opini yang kamu buat. Tuliskan mengapa pembaca harus setuju dengan opini kamu.

  • Tuliskan alasan logis kenapa pembaca harus setuju dengan opini yang kamu buat. Tuliskan fakta-fakta agar mereka simpati
  • Tuliskan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan berdasarkan opini kamu dengan dukungan data dan fakta

4. Tuliskan Sisi Personal

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Membuat artikel opini memang harus menunjukkan sisi personal bahwa itu adalah ungkapan dan opini kamu sendiri. Gunakan bahasa dan pandangan kamu terhadap topik tersebut. Gunakan penyebutan objek yang tepat.

  • Buatlah tulisan mengalir seperti kamu sedang berkomentar akan topik yang jadi bahasan
  • Jadikan pembaca sebagai user yang sedang melihat kamu berkomentasi
  • Tunjukkan sisi personalmu terhadap topik bahasan yang kamu pilih dalam penulisan artikel

5. Hindari Penggunaan Kalimat Pasif

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Kalimat pasif hanya akan membuat pembaca dipaksa untuk menentukan pilihan. Hindari penggunaan kalimat pasif. Sebaliknya, buat mereka untuk berpengetahuan dengan opini yang kamu buat.

  • Berikan opini yang edukatif dengan sajian data dan fakta
  • Berikan opini baru yang bisa menambah pengetahuan pembaca terkait opini akan topik yang disajikan

6. Tuliskan Solusi dari Opini Tersebut

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Salah satu cara menulis artikel opini yang penting dan tidak boleh terlewatkan adalah menuliskan solusi. Jangan sampai kita beropini akan topik tertentu tanpa memberikan solusi terbaik.

Opini yang tepat, bagus dan memang seharusnya dibuat adalah opini yang disertai dengan solusi. Tentu solusi yang ditawarkan adalah ala kita bukan orang lain, karena kita yang beropini.

  • Tuliskan solusi berdasarkan pandangan sendiri terhadap topik tersebut
  • Buat solusi yang memang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi banyak orang

Poin 3. Tulis Penutup Artikel Opini

Bagian terakhir, tuliskan penutup artikel opini dengan “closing statement” yang bagus dan bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

1. Tutup dengan Argumen Akurat

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik Bagi Pemula

Tutuplah opini kamu dengan 1 paragraf yang mewakili isi keseluruhan opini kamu terhadap topik tersebut. Buatkan seperti kesimpulan akhir dari isi opini kamu.

  • Tuliskan kutipan data simpel tapi kena
  • Sampaikan pandangan yang seharusnya orang gunakan akan topik tersebut

2. Jangan Hambur-Hamburkan Kata

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik

Penutup opini jangan terlalu panjang. Gunakan bahasa yang simpel, ringkas dan padat.

  • Buat pembaca paham hanya dengan kata-kata pendek
  • Tambahkan ilustrasi singkat tapi dipahami pembaca

3. Cek Fakta-Fakta

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik

Sebelum dikirim, cek kembali fakta dan data-data yang kamu gunakan dalam menuliskan opini tersebut.

  • Pastikan data valid
  • Data dan fakta bisa dibuktikan dengan baik dan diketahui oleh pembaca
  • Data dan fakta memang ada dan terjadi serta pembaca mengetahuinya dengan jelas

Tips

  1. Jika memang sesuai dengan topik dan gaya bahasa kamu, tambahkan sedikit humor dan ironi ke dalam artikel
  2. Jika kapasitas kamu memadai, pilih topik tingkat internasional lalu kirim ke surat kabar
  3. Jika ingin dapat uang dari karya tulis opini kamu, kamu bisa kirim ke media-media nasional atau ke tim redaksi blog gw ini (Mustakim.org) tapi bayarannya gak semahal di media nasional ya

Nah sekian dulu catatan dan tulisan Gw soal “cara menulis artikel opini” ini hanya kebiasaan dan cara Gw aja ya. Selebihnya, mungkin ada yang lebih tahu di kolom komentar blog ini.

Tinggalkan komentar

jasa update blog

Seorang full time Bloogger, Content Writter dan pelajar jadi satu. Suka dengan dunia internet dan juga solo touring.

Kontak

Hy@Mustakim.org

0896-0896-0097