9 Cara Menulis Cepat untuk Anak SD Paling Mudah Digunakan

Cara menulis cepat untuk anak SD merupakan kemampuan yang cukup kompleks kemampuan berpikir, teratur dan logis mengungkapkan pikiran secara jelas dan gagasan menggunakan bahasa yang efektif.

1 Fashion murah

Di sekolah dasar kemampuan menulis di bagi menjadi dua bagian yaitu menulis permulaan di lakukan di kelas I dan II sedangkan menulis lanjut diajarkan di kelas III, IV, V dan VI.

fashion muslim murah

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menulis cepat untuk kelas lanjut diantaranya sebagai berikut:

1. Posisi Memegang Pensil dan Duduk Secara Benar

Pertama kegiatan menulis yang bagus harus di awali dengan posisi tangan memegang pensil di letakan diantara ibu jari dan telunjuk ujung jari telunjuk dan jari tengah menekan pensil secara luwes, dan tidak kaku.

Selanjutnya posisi duduk badan hendaknya tegak, dada menempel pada meja dan jarak antara mata dengan buku kira-kira 25-30 cm. Itu merupakan posisi menulis yang baik.

2. Gunakan Kertas Yang Bergaris

Selanjutnya usahakan gunakan kertas yang bergaris mengapa? Karena kertas bergaris akan memudahkan kamu dalam menulis karena ada batas baris untuk kamu menulis.

1 Fashion murah

3. Gunakan Pena Yang Kualitas Bagus

Penggunaan sebuah Pena ternyata sangat berpengaruh untuk memperindah sebuah tulisan apalagi itu sebuah tulisan tangan yang di pariasi atau di ukir. Gunakan lah pena yang memiliki kualitas bagus.

Pilihlah pena yang membuat latihan menulis anda lebih nyaman dan sesuaikan ukurannya tidak terlalu kecil dan juga terlalu besar. Dan pastikan pula pilihlah pena yang tidak terlalu menekan saat menulis sehingga membuat tangan kaku.

4. Latihan Menyalin Baik Dari Buku Pelajaran Atau Tulisan Guru

Menyalin merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi dalam menulis cepat anak SD bisa melatih dengan cara menyalin baik dari buku pelajaran atau buku guru.

Sehingga kemampuannya dapat terlatih koordinasi tangan dan mata dapat berjalan dengan baik ketika berlatih menyalin sebuah tulisan sehingga kecepatan menulis dapat meningkat.

5. Latihan Dikte Atau Imla

Selanjutnya cara menulis cepat untuk anak SD bisa menggunakan laithan dikte atau imla ini bertujuan agar siswa mampu mengkoordinasikan ucapan, pendengaran, ingatan, dan jari-jarinya.

Sehingga sebuah ucapan itu dapat di dengar, diingat, dan dipindahkan ke dalam wujud tulisan dengan benar dan juga cepat. Sehingga kemampuan menulis cepat dengan cara dikte dapat dijadikan sebuah solusi.

1 Fashion murah

6. Latihan Menulis Di Papan Tulis

Latihan menulis cepat untuk anak SD bila merasa bosan di buku bergaris bisa menulis di papan tulis baik menggunakan spidol dengan white bor atau papan tulis dengan kapur tulis.

Latihlah anak menulis di papan tulis untuk membiasakan menulis dengan berbagai media menulis di papan tulis juga dapat melatih kekuatan otot bahunya supaya cengkraman tangan pada spidol lebih lembut tidak kaku.

7. Cobalah Menulis Surat Atau Kalimat Sederhana

Sebagai percobaan anak bisa mencoba menulis sebuah surat dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Surat tersebut bisa di buatkan agar anak yang menyalinnya atau bisa juga anak sendiri yang merangkai surat tersebut secara sederhana.

8. Gunakan Pengatur Waktu

Gunakanlah pengatur waktu agar anda bisa menilai tingkat kecepatan menulis anak sudah seberapa cepat. Hitung rata-rata kecepatan anak dalam menulis dengan begitu hasilnya dapat terukur apakah kemampuan anak tersebut meningkat atau masih sama.

9. Terus Bimbing Dalam Berlatih

Menulis cepat membutuhkan berbagai latihan yang konsisten dan juga terus menerus. Jangan mudah bosan untuk terus membimbing dan melatih karena hakikatnya belajar adalah kegiatan sepanjang hayat.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: