Efek Hipnotis Berapa Lama? Ini Menurut Ahli, Hati-hati!

Efek hipnotis berapa lama? Hipnotis dapat mempengaruhi psikis seseorang. Secara mentalitas orang yang kena hipnotis akan berubah dari sifat dasarnya.

Bagus atau tidaknya efek yang dihasilkan dari perlakuan hipnotis tergantung dari proses hipnotis nya sendiri.

Tapi dibanding efek positifnya, banyak banget efek negatifnya. Tidak heran jika metode hipnotis tidak begitu populer dalam dunia medis.

Hipnotis Dalam Kejahatan

Hipnotis merupakan sebuah teknik terapi yang dilakukan oleh tenaga ahli ataupun psikolog untuk membuat orang berada dalam keadaan yang tenang dan rileks.

Hal tersebut berguna supaya orang tersebut dapat lebih fokus dengan pikirannya sendiri dan meresepon segala sugesti yang diberikan oleh instruktur.

Hipnotis ini biasanya dipakai psikolog serta psikiater untuk membantu seseorang yang mengalami cemas, gugup, dan lainnya.

Ketika seseorang dihipnotis maka orang tersebut akan cenderung lebih terbuka dengan sugesti yang diberikan bila dibandingkan dengan ketika tak dalam keadaan terhipnotis.

Akan tetapi teknik hipnotis banyak sekali digunakan oleh beberapa orang yang tak bertanggung jawab untuk memanipulasi pikiran korbannya. Hal tersebut bertujuan tentu saja untuk memenuhi segala keinginan orang tersebut.

Hipnotis yang digunakan hal kejahatan seperti yang disinggung sebelumnya disebut dengan gendam. Gendam merupakan teknik hipnotis yang menggabungkannya dengan ilmu gaib.

Hal tersebut bisa mempengaruhi alam bawa sadar dari korban. Dengan begitu, korban akan mengikuti segala sugesti yang diberikan oleh pelaku secara paksa.

Belum dapat diketahui dengan pasti ilmu gaib apa yang dipakai dalam gendam namun kegiatannya seperti menepuk, mengajak bicara, dan lain sebagainya.

Pada umumnya pada kasus-kasus hipnotis yang digunakan untuk kejahatan ini dilakukan tak hanya sendirian melainkan berkelompok serta mengetes target korban apakah bisa disugesti atau tidak.

Jika bisa tersugesti maka pelaku lainnya akan datang untuk memainkan perannya.

Efek Hipnotis Berapa Lama?

Lalu berapa lama efek hipnotis tersebut berlangsung? Sugesti yang diberikan memiliki efek yang berbeda pada setiap orang.

Sugesti yang diberikan sebagai efek hipnotis bisa bersifat permanen apabila sugesti tersebut masuk ke dalam otak kiri dan bisa diterima akal sehat.

Sementara efek hipnotis akan hilang dalam waktu 2 hingga 3 hari bila merasa sugesti tersebut tak masuk akal. Tentu saja keadaan setiap orang masing-masing akan berbeda.

Efek hipnotis yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan efek hipnotis yang biasanya dilakukan oleh ahli hipnoterapi yang membantu orang untuk menghilangkan beberapa masalah seperti kecanduan merokok, cemas, dan lain sebagiannya.

Lalu bagaimana dengan efek hipnotis yang digunakan untuk kejahatan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa hipnotis yang digunakan untuk kejahatan seringkali disebut dengan gendam yang merupakan penggunaan teknik hipnotis dengan ilmu gaib.

Seseorang yang telah terkena hipnotis dengan paksa biasanya akan sulit untuk bisa mengembalikan kesadaran dengan sendirinya.

Akan tetapi lama kelamaan dalam hitungan menit hingga jam korban akan kembali sadar dengan sendirinya setelah melakukan interaksi dengan lingkungannya.

Demikian informasi terkait dengan kejahatan yang menggunakan teknik hipnotis. Bila Anda berada pada tempat umum hendaknya harus selalu waspada serta menerapkan prinsip paranoid untuk orang yak tak dikenal.

Anda harus bersikap tegas dengan menolak berbagai tawaran baik makanan atau minuman serta tak menjawab pertanyaan yang seharusnya Anda jawab untuk menghindari kejahatan hipnotis.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Efek Hipnotis?

Cara menghilangkan efek hipnotis tentu tidak semudah melakukan hipnotis nya itu sendiri. Butuh serangkaian proses yang perlu kamu lakukan agar bebas dari hal tersebut.

Ada banyak sih metode yang bisa kamu gunakan, namun seperti proses hipotisnya. Kadang pada orang tertentu metode ini tidak dapat bekerja dengan baik 100%.

1. Kembali ke Tempat Hipnotis

Orang yang bisa menyembuhkan kamu dan hilangkan resiko hipnotis adalah orang yang sudah memberikan sugesti hipnotis sama kamu. Orang tersebut pasti paham bagaimana menghilangkan risikonya.

Maka coba saja kamu kembali kepada orang tersebut. Namun jika ini tidak berhasil, kamu mungkin bisa coba tips yang kedua.

2. Berikan Sugesti Sebaliknya

Kamu berikan sugesti positif kepada diri kamu sendiri atau kepada orang yang di hipnotis sebelumnya. Ingat bahwa hipnotis itu adalah ilmu sugesti, maka kamu lawan lagi dengan trik yang sama.

3. Buat Diri Lebih Tenang

Agar proses pemulihan berjalan dengan baik, kamu perlu mempersiapkan diri kamu dengan baik. Buatlah diri kamu jadi lebih santai an lebih tenang agar pemulihan nya berjalan dengan baik.

4. Hilangkan Overthinking

Saat proses pemulihan dilakukan, hilangkan pikiran overthinkking. Pikiran yang terlalu berlebihan akan menimbulkan hal yang tidak kamu inginkan.

Pada akhirnya, kamu akan lebih siap untuk dipulihkan kembali dengan kesadaran yang penuh.

Penutup Kata

Jadi, efek hipnotis berapa lama? Secara medis efeknya ini bisa hilang dalam waktu 2-3 hari saja. Namun itu bergantung pada kondisi fisik dan juga mental orang yang terkena hipnotis serta jenis sugestinya.

Mungkin bisa lebih lama bergantung pada jenis hipnositnya. Kalo makin berat waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

Tinggalkan komentar