10 Fungsi Fakta Dalam Berita, Wajib Tahu Agar Hoax Hilang!

Kenapa berita harus berupa fakta? Apa fungsi fakta dalam berita? Berita bersifat konsumsi publik. Memang sudah selayaknya berita itu tidak mengandung unsur sara atau pun berita palsu.

1 Fashion murah

Terlebih masyarakat Indonesia merupakan tipe masyarakat yang mudah banget terpengaruh dengan info-info tidak benar.

fashion muslim murah

Jarang banget orang yang mencari informasi benar terlebih dahulu sebelum mereka telah mentah-mentah beritanya. Di sinilah peran media dibutuhkan.

Berita itu harus bersifat fakta untuk menangani hal-hal seperti ini. Menghilangkan informasi tidak benar serta agar supaya tidak menimbulkan di tengah-tengah keriuhan masyarakat.

Kenapa Berita Harus Bersifat Fakta?

Karena berita merupakan sumber informasi utama bagi masyarakat. Dan apabila berita tak sesuai fakta maka berita bohong atau hoax dapat menimbulkan konflik dan kesalahpahaman.

Tidak sedikit yang perang saudara yang berawal dari informasi hoax. Seperti yang sering kali kita dengar, di wilayah timur Indonesia. Minimnya informasi kerap kali membuat mereka menelan informasi secara mentah.

1 Fashion murah

1. Agar Tidak Menimbulkan Kegaduhan

Media yang salah memberikan informasi apalagi memberikan informasi yang propokatif akan sangat berbahaya. Maka dari itu, informasi yang diberikan media berita harus benar dan valid.

2. Memberikan Informasi yang Valid

Media berita harus memberikan informasi fakta agar informasinya valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menjadi Media Informasi Penting Bagi Masyarakat

Berita itu merupakan bahan konsumsi masyarakat. Jika informasinya bersifat hoax, akan hilang fungsi media itu sendiri. Kepercayaan masyarakat pada berita akan hilang.

4. Menghilangkan Kesalahpahaman yang Buruk

Berita yang bersifat fakta juga dapat memberikan dampak buruk bahkan menimbulkan kesalahpahaman. Maka dari itu, berita isinya harus fakta karena yang disampaikan adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

10 Fungsi Fakta Dalam Berita

Adapun beberapa fungsi fakta dalam berita di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menguatkan Data Pendukung

Fungsi fakta dalam berita yang pertama adalah sebagai penguat data pendukung. Berita sendiri memuat berbagai fakta di dalamnya sehingga menjadi berita pastinya membutuhkan banyak data pendukung yang harus valid.

1 Fashion murah

Data dan fakta itu sendiri merupakan hal yang saling berkaitan. Jika seorang mengabarkan berita yang tidak valid wartawan tersebut bisa dikatakan telah melanggar sebuah kode etik wartawan.

2. Meyakinkan Pembaca

Fungsi fakta berita selanjutnya adalah berfungsi untuk meyakinkan pembaca. Fakta di dalam sebuah berita akan menarik banyak perhatian pembaca karena masyarakat sebagai pembaca berita.

Dan Masyarakat tersebut merupakan sosok yang selalu ingin tahu pada perkembangan serta fakta sesungguhnya yang terjadi di lapangan.

3. Informasi Yang Akurat

Informasi yang akurat tentunya sangat di butuhkan oleh pembaca atau kalangan masyarakat karena fakta sesungguhnya akan membuat rasa penasaran pemirsa terjawab.

Hal ini pun akan di percaya dengan baik oleh kalangan masyarakat apabila berita fakta tersebut disajikan secara baik sehingga meyakinkan para pembaca bahwa berita tersebut merupakan sebuah fakta.

4. Dapat di Pertanggung Jawabkan

Selanjutnya lagi fungsi fakta adalah berita tersebut dapat di peranggungjawabkan. Artinya setelah berita itu tersebar atau di siarkan secara meluas berita tersebut dapat di pertanggung jawabkan.

1 Fashion murah

Sehingga menambah keyakinan pada pembaca bahwa berita yang disiarkan benar adanya. Berita yang disiarkan bukan karangan semata atau di buat-buat.

Yang harus di pertanggung jawabkan adalah sumber informasinya, cara penyampaiannya, atau pun peristiwa terkait dengan pokok isi berita.

5. Menyampaikan Berita Secara Utuh

Fungsi fakta lainnya adalah menyampaikan berita secara utuh artinya berita yang disajikan tidak setengah-setengah namun berita di sajikan secara lengkap dan utuh.

6. Tidak Memihak

Fungsi fakta dalam berita berikutnya adalah tidak memihak artinya berita tersebut tidak memihak siapa pun namun harus disertai data-data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

7. Menambah Nilai Berita

Fakta yang di sampaikan dalam berita dapat menambah nilai dari berita itu sendiri. Dan nilai berita merupakan hal penting yang ada dalam sebuah berita jika nilai rendah maka berita di anggap hoax atau tidak valid.

8. Mempertegas Fungsi Berita

Fungsi fakta berikutnya adalah mempertegas fungsi berita itu sendiri. Karena fungsi utama dalam dibuatnya sebuah berita adalah menyampaikan informasi.

1 Fashion murah

Jika seumpama nya berita yang di sampaikan sesuai dengan fakta-fakta di lapangan maka berita dan informasi tersebut dapat di percaya.

9 . Terhindar Dari Penomena Hoax

Fungsi berita fakta selanjutnya adalah terhindar nya dari fenomena Hoax. Sehingga masyarakat tidak di bingungkan mana yang benar dan mana yang hoax karena akan berdampak negatif bagi masyarakat.

10. Terhindar Dari Konflik

Fungsi fakta selanjutnya adalah terhindar dari konflik dimana berita hoax akan memunculkan perbedaan pendapat dan kesalahpahaman. Dari kesalahpahaman tersebut timbul lah konflik baik berskala besar maupun kecil.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu