Jelaskan Struktur Yang Terdapat Pada Teks Laporan Hasil Observasi

Jelaskan Struktur yang Terdapat Pada Teks Laporan Hasil Observasi

Jelaskan Struktur yang Terdapat Pada Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi merupakan teks yang memberikan informasi umu tentang sesuatu berdasarkan fakta dari pengamatan langsung.

Lalu apa saja struktur yang terdapat pada teks laporan hasil observasi. Jawabannya akan kamu temukan dalam artikel ini secara lengkap.

Karena di artikel ini akan membahas mengenai pengertian teks laporan observasi, ciri teks laporan observasi, juga sifat-sifat laporan teks observasi. Simak yuk!

Apa Itu Teks Laporan Observasi?

Sebelum memahami struktur dari teks laporan hasil observasi kamu perlu memahami apa itu teks laporan observasi.

Teks laporan observasi merupakan sebuah teks yang memberikan informasi umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari pengamatan langsung.

Teks laporan observasi dapat meliputi berbagai objek mulai dari benda, binatang, tanaman dan hal lain sebagainya.

Pengamatan yang dilakukan oleh pengamat dengan turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang ada.

Informasi tersebut biasanya meliputi kondisi alam, tumbuhan, hewan, kesenian, budaya dan peristiwa.

Laporan observasi bersifat komunikatif informatif dan objektif. Artinya laporan harus memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Dalam membuat teks laporan observasi diperlukan beberapa langkah agar tidak salah dalam artikel.

Jadi dapat disimpulkan bahwa teks laporan observasi adalah sebuah teks yang berisi pengamatan secara mendetail dari objek yang diteliti.

Oleh karena itu, membaca teks laporan hasil observasi dapat menambah wawasan pembaca.

Struktur yang Terdapat Pada Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar

Setelah memahami pengertian teks laporan hasil observasi. Penyusunan teks laporan hasil observasi harus sesuai dengan struktur agar tujuan dari penulisan dapat tersampaikan kepada pembaca.

Berikut di bawah ini merupakan penjelasan struktur yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi, diantaranya adalah:

1. Pernyataan Umum

Teks laporan hasil observasi memiliki struktur pertama yaitu pernyataan umum. Pernyataan umum akan mengawali teks laporan hasil observasi dengan informasi secara umum.

Informasi tersebut berisi garis besar mengenai objek yang akan di teliti. Sehingga pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui objek yang di teliti.

2. Deskripsi Bagian

Struktur selanjutnya yaitu deskripsi bagian. Deskripsi ini akan berperan penting untuk menjelaskan secara detail hasil pengamatan yang telah di lakukan.

Struktur ini akan menggambarkan secara detail mengenai objek yang diteliti dan menjelaskan lebih detail akan membuat teks hasil observasi terlihat semakin menarik.

3. Deskripsi Manfaat

Pada struktur ini pengamat akan menuliskan manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan penelitian.

Biasanya pengamat akan menjelaskan lebih detail tentang manfaat yang diperoleh selama penelitian. Dengan begitu, pembaca akan semakin tertarik dengan teks laporan hasil observasi.

4. Simpulan

Dan terkahir dari struktur teks hasil observasi adalah simpulan. Yaitu merupakan benang merah dari penjelasan yang telah di paparkan oleh pengamat secara singkat dan jelas.

Ciri Ciri Teks Laporan Observasi

Agar semakin paham mengenai teks hasil laporan observasi kamu juga perlu memahami apa saja ciri-ciri dari teks laporan observasi. Dan berikut ciri-cirinya adalah:

  • Bersifat objektif dan universal
    Artinya teks laporan observasi bersifat objektif karena di lakukan pengamatan secara detail langsung ke lapangan serta bersifat universan serta menyeluruh.
  • Objek Tunggal
    Siri teks selanjutnya yaitu objek yang di teliti harus objek tunggal sehingga fokus penelitian dan pengamatannya pada satu objek saja.
  • Di tulis secara lengkap dan sempurna
    Selanjutnya yaitu teks tersebut harus di tulis secara lengkap dan semppurna bahkan detai.
  • Di tulis berdasarkan fakta
    Teks laporan hasil observasi juga memiliki tulisan yang berdasarkan fakta karena pengamatan yang dilakukan secara objektif dan sesuai dengan keadaan aslinya.
  • Informasi teks juga merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
  • Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  • Objek saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan sub kelas yang terdapat di dalamnya.

Sifat-Sifat Teks Laporan Observasi

Selain ciri-ciri dari teks laporan observasi juga memiliki sifat-sifat yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang mungkin belum kamu ketahui.

Dan berikut merupakan sifat-sifat teks laporan hasil observasi di antaranya adalah:

  • Bersifat inormastif

Sifat pertama yang merupakan sifat dari teks laporan hasil observasi yaitu memiliki sifat informatif. Artinya dapat memberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.

Dan informasi tersebut tentunya akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi pembaca sehingga menjadi ilmu baru.

  • Bersifat komunikati

Selanjutnya sifat yang terdapat dalam teks hasil observasi yaitu bersifat komunikatif.

Artinya teks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut tidak kaku dan baku.

Tujuannya agar isi laporan dalam teks dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

Selain itu, bahasa yang komunikatif juga akan menarik pembaca untuk terus membaca sampai akhir dari teks hasil laporan observasi.

  • Bersifat objektif

Selanjutnya sifat dari teks hasil observasi yaitu adalah bersifat objektif. Artinya berisikan informasi aktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.

Teks hasil laporan observasi memaparkan fakta-fakta tentang sebuah objek yang di teliti dan amati secara detail sehingga menghasilkan laporan yang objektif.

Detail tersebut bisa terletak dari bentuk, ukuran, warna dan lain sebagainya.

Mengenai bagian-bagian penting dalam hal yang di teliti atau di amati.

Usahakan jangan ada yang terlewat bagian penting yang menggambarkan objek tersebut. Sehingga informasi dapat di terima oleh pembaca dengan baik.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: