Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Isi & Tujuan Penulisannya

Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Isi & Tujuan Penulisannya

jenis jenis artikel

Jenis jenis artikel itu bisa dibedakan berdasarkan tujuan penulisan dan isi artikelnya. Jenis jenis artikel berdasarkan isi yaitu artikel deskripsi, artikel narasi, artikel eksposisi, artikel persuasi & artikel argumentasi.

Sedangkan berdasarkan tujuan penulisannya jenis jenis artikel itu seperti artikel ilmiah populer, artikel opini, artikel tutorial dan artikel review.

Di artikel ini kamu akan temukan jenis jenis artikel dan contohnya secara lengkap. Bagi kamu yang belum tahu, silahkan baca dan eksplore artikel ini sampai selesai.

Pengertian Artikel

Artikel merupakan sebuah teks karangan yang ditulis seseorang dengan panjang tertentu dan diterbitkan di media online ataupun cetak dengan tujuan untuk menyampaikan opini, fakta, mendidik atau hiburan saja.

Artikel dibuat dengan menggunakan struktur dan gaya bahasa khusus. Berbeda dengan penulisan karya ilmiah lain.

Artikel memiliki format dan gaya bahasa penulisan yang lebih menarik. Namun beda jenis artikelnya, beda pula format yang digunakan dalam penulisannya.

Contohnya, artikel opini formatnya beda dengan artikel tutorial. Bahkan bahasa yang digunakannya pun sedikit berbeda. Lebih jelasnya, kamu akan lihat pada contoh artikel di bawah nanti.

Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Isi

Jika dilihat dari isinya, jenis jenis artikel dibedakan menjadi 5 jenis, di antaranya yaitu:

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang memberikan gambaran sesuatu hal secara jelas.

Artikel deskripsi akan menjelaskan sesuatu hal secara nyata dengan menjelaskan spesifikasi bentuk dan fitur yang dimilinya. Sehingga pembaca bisa paham dengan mudah.

Penulisan artikel deskripsi ini ditulis dengan menggunakan metode umum ke khusus. Sehingga orang bisa mendapatkan simpulan akhir yang lebih jelas.

2. Artikel Narasi

Artikel narasi itu adalah artikel yang menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa secara sistematis dan terstruktur mulai dari awal hingga akhir kejadian.

Artikel narasi ini bersifat faktual dan berhubungan erat dengan perjalanan seseorang. Contohnya seperti Biografi, autobiografi atau pun cerita perjalanan seseorang.

3. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang menguraikan suatu hal yang disertai dengan data dan fakta. Artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca nya.

Untuk memberikan informasi yang valid, artikel eksposisi dilengkapi dengan tabel, grafik, gambar dan data pendukung lainnya.

4. Artikel Persuasi

Artikel persuasi merupakan jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca nya.

Artikel ini berisi, ajakan atau bujukan untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan kehendak penulisnya.

Artikel persuasi banyak digunakan untuk melakukan imbauan atau ajakan di lingkungan masyarakat. Seperti imbauan untuk tidak konsumsi narkoba dan lain sebagainya.

5. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan artikel yang berisi pendapat yang disertai dengan bukti-bukti tertentu untuk membuktikan kebenarannya.

Artikel ini juga bisa disebut sebagai artikel opini yang dilengkapi dengan data-data pendukung.

Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan

Sedangkan berdasarkan tujuannya, artikel juga dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer merupakan jenis artikel ilmiah yang ditulis menggunakan bahasa populer. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk dimuat di media masa atau pun media tertentu.

2. Artikel Opini

Artikel opini merupakan artikel yang berisi pendapat atas sesuatu hal. Artikel ini berisi pendapat pribadi akan sesuatu hal, berdasarkan pengalaman sendiri.

3. Artikel Tutorial

Artikel tutorial merupakan salah satu jenis artikel yang berisi panduan tertentu yang akan menjelaskan langkah-langkahnya secara jelas dan lengkap.

Pembaca dapat memahami cara melakukan suatu hal melalui artikel tutorial. Artikel tutorial dilengkapi dengan gambar untuk membantu pembaca lebih mudah memahami panduan nya.

4. Artikel Review

Artikel review merupakan jenis artikel yang mengulas suatu hal baik berupa produk ataupun layanan tertentu.

Artikel review akan membahas spesifikasi hingga kelebihan dan kekurangan dari produk ataupun layanan tertentu yang di review.

Ciri Ciri Artikel

Artikel memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan karya tulis lainnya. Beberapa ciri artikel, yaitu:

  • Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasan nya lengkap serta tuntas
  • Sumbernya berasal dari fakta yang ada
  • Isi yang disampaikan sesuai fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis
  • Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya
  • Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum

Akhir Kata

Nah jadi, jenis jenis artikel itu ada banyak. Kita bisa membedakannya berdasarkan isi artikel dan juga maksud dan tujuan penulisan artikelnya.

Semoga artikel ini membantu, khususnya bagi kamu yang memang sedang mencari informasi seperti ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kamu ya.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: