Langkah Awal Dalam Menulis Teks Eksplanasi Yaitu? Begini!

Langkah Awal Dalam Menulis Teks Eksplanasi Yaitu? Begini!

Langkah Awal Dalam Menulis Teks Eksplanasi Yaitu

Langkah awal dalam menulis teks eksplanasi yaitu dimulai dengan menentukan topik yang akan dibahas. Pastikan, topik yang akan kamu bahas menarik perhatian pembaca. Kamu juga dapat menulis paragraf eksplanasi yang membahas suatu trend masa sekarang.

Menulis teks eksplanasi juga harus tersusun rapi berdasarkan strukturnya, dan dilengkapi dengan kaidah bahasa yang sesuai.

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan suatu jawaban dari pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” suatu proses kejadian alam, sosial budaya, pengetahuan, dan peristiwa lain itu bisa terjadi dalam kehidupan.

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi

Untuk membuat teks eksplanasi maka kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Dengan begitu hasil tulisanmu mengandung struktur paragraf yang rapi dan saling terhubung.

1. Tentukan Topik yang Menarik atau Sedang Trend

Langkah awal dalam menulis teks eksplanasi yaitu menentukan topik yang menarik untuk dibahas. Kamu juga dapat membahas suatu peristiwa yang sedang trend.

Dengan begitu maka hasil tulisanmu akan menarik perhatian pembaca untuk membacanya dari bagian awal sampai akhir.

Misalnya, sekarang ini sedang ramai membahas tentang penghentian konsumsi obat sirup untuk anak-anak karena adanya kandungan etinol glikol.

Kamu dapat membahas tentang hal tersebut maka akan banyak orang yang tertarik untuk membaca hasil tulisanmu dari awal sampai akhir paragraf.

2. Buat Rancangan Teks Eksplanasi

Berikutnya, buatlah rancangan untuk membuat teks eksplanasi dari topik yang akan kamu bahas. Rancangan yang dimaksud yaitu kamu dapat menerapkan bagian-bagian struktur teks eksplanasi.

Setelah semua bagian strukturnya sudah memiliki rancangan maka akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bahasanya.

Contohnya, saat kamu akan membahas teks eksplanasi tentang penghentian penggunaan obat sirup untuk anak-anak maka kamu harus membuat suatu rancangan.

Rancangan itu dimulai dari mengumpulkan informasi tentang apa saja obat sirup yang dilarang kemudian cara tahu fakta atau data tentang alasan mengenai adanya kandungan yang berbahaya dalam sirup tersebut.

3. Kumpulkan Referensi yang Lengkap

Setelah membuat rancangan, silahkan kamu kumpulkan referensi selengkap mungkin. Dari rancangan yang sudah ada maka kamu dapat melengkapi data dan fakta untuk rancangan tersebut.

Dengan demikian, pembuatan teks eksplanasi memang harus dibuat berdasarkan fakta dan data yang ada.

Jadi, kamu tidak diperbolehkan menyusun sebuah teks eksplanasi berdasarkan opini atau pendapat saja.

Sebelum menulis teks ekplanasi, pastikan kamu sudah mempunyai referensi berupa fakta dan data yang akurat.

4. Mulai Tulis Teks Eksplanasi

Berikutnya, kamu dapat mulai menulis teks ekplanasi dengan mengembangkan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya. Kembangkan teks tersebut dengan referensi data yang sudah ada.

Setelah itu, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pembacanya mengenai proses terjadi sesuatu sesuai dengan yang kamu bahas.

5. Kembangkan Tulisan Teks Eksplanasi

Kamu kembangkan dengan bahasamu sendiri dari berbagai referensi data yang tersedia. Tetapi, pastikan kamu tidak menggunakan bahasamu sendiri saat membuat teks eksplanasi karena memang isi teksnya harus berupa fakta atau data yang ada.

Penulis hanya diperbolehkan untuk mengembangkan informasi dengan bahasanya sendiri tanpa mengubah prosesnya.

6. Sunting Teks Eksplanasi

Langkah terakhir dalam menulis teks eksplanasi yaitu kamu juga harus menyunting teksnya. Bagian-bagian yang disunting yaitu berupa penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan koherensi antar kalimat dalam satu paragraf.

Tujuan Membuat Teks Eksplanasi Adalah

Adapun tujuan dalam membuat teks eksplanasi yang harus kamu ketahui yaitu:

1. Mengetahui Informasi

Tujuan dalam membuat teks ekplanasi yang pertama yaitu dapat memberikan informasi tentang suatu hal yang perlu diketahui oleh pembaca.

Isi teks eksplanasi menyampaikan banyak hal dengan sangat rinci sehingga memudahkan pembaca mengetahui informasi dengan mudah.

2. Menjelaskan Suatu Proses

Tujuan dari teks eksplanasi selanjutnya yaitu menjelaskan suatu proses secara mendetail bagaimana peristiwa atau suatu hal itu dapat terjadi. Dimulai dari awal mula kejadian sampai akhir.

3. Menambahkan Wawasan

Tentu saja, menulis teks eksplanasi juga bertujuan untuk menambahkan wawasan kepada pembaca. Oleh karena itu, penulisan paragraf eksplanasi memang harus sesuai dengan fakta dan data yang ada.

Penulisan teks eksplanasi tidak diperbolehkan berdasarkan argumentasi atau pendapat seseorang saja.

4. Menyampaikan Informasi Secara Detail

Penulisan teks eksplanasi juga bertujuan untuk menyampaikan informasi secara detail mengenai suatu proses kejadian atau mengenai sebab akibat dari suatu akibat.

Dengan begitu, pembaca akan benar-benar memahami tentang kejadian suatu peristiwa tersebut.

5. Mengimplementasikan Pembelajaran

Terakhir, tujuan dari penulisan teks eksplanasi yaitu merupakan salah satu cara untuk megimplementasikan pembelajaran. Jadi, teks ekplanasi itu merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Jadi, pembuatan teks eksplanasi tersebut dapat menjadi bentuk perwujudan bahwa siswa paham dengan materi eksplanasi sehingga dapat membuat teks eksplanasi tersebut dengan berbagai tema.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: