Pengertian Artikel Menurut Para Ahli [Al Aqli, KBBI, DLL]

Pengertian artikel menurut para ahli seperti Al Aqli, Andi Baso Mappatoto, Andi Baso Mappatoto, KBBI dan lainnya merujuk pada suatu yang sama yaitu sebuah opini yang ditulis seseorang bersifat fakta atau hiburan.

1 Fashion murah

7 Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Artikel memiliki banyak pengertian dari berbagai pandangan. Berikut ini adalah pengertian artikel menurut para ahli, hingga KBBI.

fashion muslim murah

1. Pengertian Artikel Menurut Al Aqli

Pengertian pertama adalah pengertian artikel menurut Al Aqli. Menurutnya, artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dan setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas, dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil inti sari dari sebuah karangan yang ditulis.

2. Pengertian Artikel Menurut Andi Baso Mappatoto

Artikel menurut Andi Baso Mappatoto adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

3. Pengertian Artikel Menurut KBBI

Pengertian artikel menurut KBBI adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

4. Pengertian Artikel Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media daring maupun cetak (melalui koran, majalah, atau buletin) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

1 Fashion murah

5. Pengertian Artikel Menurut Essential English Dictionary

Artikel menurut Essential English Dictionary adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.

6. Pengertian Artikel Menurut EPI (Ensiklopedia Pers Indonesia)

Sedangkan, menurut EPI, artikel adalah karangan prosa yang dimuat dalam media massa dengan pembahasan pokok secara lugas.

7. Pengertian Artikel Menurut Sumandiria

Menurut Sumandiria, pengertian artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

8. Pengertian Artikel Menurut Longman Pitman Office Dictionary

Longman Pitman Office Dictionary mengartikan artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain.

9. Pengertian Artikel Menurut The American Heritage Desk Dictionary

Menurut The American Heritage Desk Dictionary, artikel adalah sebuah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan misalnya seperti laporan esai.

10. Pengertian Artikel Menurut Longman Pitman Office Dictionary

Longman Pitman Office Dictionary mengartikan artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain.

1 Fashion murah

11. Pengertian Artikel Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus

Artikel menurut Webster’s Collegiate Thesaurus adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.

12. Pengertian Artikel Menurut Webster’s New World Dictionary

Artikel menurut Webster’s New World Dictionary adalah tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah.

13. Pengertian Artikel Menurut Penguin English Student Dictionary

Menurut Penguin English Student, artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah.

14. Pengertian Artikel Menurut Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, artikel adalah adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur.

Ciri-Ciri Artikel Apa Saja?

Setelah mengetahui pengertian artikel dari berbagai pendapat ahli, kamu juga harus tahu apa saja, sih, ciri-ciri artikel? Agar kamu paham dan mengetahui bahwa teks tersebut adalah artikel, simak penjelasan berikut.

1. Ringkas dan Jelas

Ciri pertama yang menandakan bahwa teks tersebut adalah artikel adalah isi teks ringkas, jelas, padat, dan tidak bertele-tele. Gaya bahasa yang digunakan juga informatif. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi artikel.

1 Fashion murah

2. Berisi Fakta, Bukan Rekaan

Artikel yang baik adalah artikel yang mengandung fakta, bukan rekaan, karangan, atau hal yang belum jelas kebenarannya. Data juga bisa kamu sisipkan ke dalam artikel. Diikuti dengan opini penulis.

3. Sistematis

Artikel ditulis dengan sistematis. Setiap bagian tertata dengan baik. Hal ini agar pembaca bisa lebih mudah membaca dan memahami artikel yang ditulis.

4. Menggunakan Bahasa Lugas dan Efektif

Bahasa yang lugas adalah bahasa yang bermakna asli, tidak mengalami perubahan atau sesuai dengan konsep asalnya. Dengan kata lain, tidak ada pengertian tambahan.

Efektif berarti berhasil dalam mengungkapkan gagasan, sesuai dengan apa yang diharapkan.

5. Topik Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Topik atau isi dari artikel adalah sesuatu yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bukan hal yang menyebabkan perpecahan, keributan, dan lain-lain.

Jadi Artikel Itu Adalah…

Dari pengertian artikel menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel adalah sebuah teks, tulisan, atau karya tulis yang ditulis dengan tujuan menyampaikan suatu informasi, gagasan, opini, dengan dilengkapi data dan fakta serta dipublikasikan kepada masyarakat luas.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu