Sebutkan Langkah-Langkah Menulis Puisi yang Baik & Benar

Sebutkan langkah-langkah menulis puisi yang baik dan benar! Menulis puisi sebenarnya sangat mudah. Sebelum menulis, kamu harus pilih tempat yang enak dan nyaman.

1 Fashion murah

Kemudian kamu tentukan topik dan judul artikel. Setelah itu, kamu imajinasikan apa yang akan kamu tulis menjadi puisi.

fashion muslim murah

Buat kamu yang baru pertama kali menulis puisi, temukan panduan dan langkah-langkahnya di artikel ini. Silahkan baca sampai usai.

Bagaimana Langkah-Langkah Menulis Puisi yang Benar?

Langkah membuat puisi berikut yang akan saya bagikan untuk kalian semua, diantaranya adalah:

1. Menentukan Gaya Penulisan Puisi

Nah, langkah pertama yang bisa kamu ambil dalam langkah-langkah penulisan puisi adalah menentukan gaya penulisan puisi seperti pemilihan diksi. Diksi adalah pemilihan kara dari penulis puisi.

Pemilihan diksi yang unik itu merupakan salah satu kunci diksi yang baik. Jika penulis memiliki jam terbang membaca lebih banyak. Tentu saja dalam pemilihan diksi pun lebih informatif dan tidak itu-itu saja.

1 Fashion murah

2. Menentukan Tema dan Judul Puisi

Langkah selanjutnya adalah menentukan tema yang akan di tulis. Sebuah tema akan membantu kamu dalam menentukan gaya bahasa puisi kamu tentunya. Misalkan tema yang akan kamu angkat tema percintaan tentunya pemilihan diksi juga menggunakan diksi yang berbunga-bunga bukan.

Atau ketika puisimu bertema bahagia pemilihan kata yang bahagia dan riang gembira pasti akan di pilih. Begitu pula dalam penggunaan dan pemilihan majas, biasanya akan mengikuti tema yang akan di ambil,

Selanjutnya selain tema kamu juga harus menentukan judul saat membuat puisi bagi kalian yang suka buat judul di akhir. Sebetulnya tidaklah masalah, jadi penulisan judul itu optional saja mau buat di awal atau di akhir itu sah-sah saja.

3. Bayangkan Suasana yang Akan Ditulis Dalam Puisi

Selanjutnya yang paling penting kamu bisa membayangkan suasana yang akan ditulis dalam puisi. Aktifkanlah panca indra kalian (mata, telinga, penciuman, pengecapan, dan perabaan).

Saat membuat puisi tidak melulu mengacu pada penguasaan materi atau petunjuk buku yang kamu baca. Tapi pembuatan puisi melibatkan perasan dan imajinasi yang anda rasakan. Karena disitulah sumber impresi dari puisi tersebut.

Dan bagian ini adalah bagian sulitnya. Jika kalian merasa bagian ini masih sulit tetaplah ulangi, hayati dan imajinasikan kembali dan terus berusaha dan mencoba. Karena tiada usaha yang mengkhianati hasil.

1 Fashion murah

Baca juga: Pengertian Guguritan Nyaeta

4. Pilih Gaya Bahasa yang Tepat

Selanjutnya langkah membuat puisi adalah pilihlah gaya bahasa yang tepat. Sesuaikan dengan tema dan judul yang telah kamu buat sebelumnya lalu selaraskan isi dan makna dari puisimu.

5. Kembangkan Puisi dengan Baik

Berikutnya kembangkan puisi dengan baik cara mengembangkan puisi agar menjadi lebih baik. Kamu lebih membaca banyak puisi karya orang lain itu merupakan salah satu cara mengembangkan puisi.

Bagaimana tidak jika kamu membaca banyak hasil karya orang lain tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan beberapa kata-kata baru sehingga menambah kosa kata indah di memori kamu nantinya.

6. Tuliskan Puisi Secara Lengkap

Dan terakhir biasakan menulis puisi yang lengkap mulai dari judul pembuka hingga penutup sehingga puisi kamu terlihat sempurna. Dan telaah kembali apa yang menjadi kekurangan dari puisimu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Puisi

Puisi memang lebih mementingkan perasaan dan imajinasi seseorang di bandingkan dengan teori-teorinya. Dan hal-hal berikut yang harus kamu perhatikan ketika menulis puisi.

1 Fashion murah

1. Suasana Hati

Yang pertama suasana hati, karena puisi sangat mengandalkan sebuah perasaan maka ketika membuat puisi hindari saat suasana hati sedang tidak baik. Misal marah, kecewa dan sebagainya.

2. Alat yang Digunakan

Alat yang digunakan ketika membuat puisi bisa menggunakan pena dan juga kertas kecil seperti diary. Sehingga ketika kamu sedang di suasana yang mendukung kamu bisa langsung menuliskan puisi tersebut pada saat itu juga.

3. Tempat Menulis Puisi

Pilihlah tempat menulis yang benar-benar membuatmu nyaman perasaan nyaman akan membantumu melancarkan penulisan sebuah puisi.

4. Pemilihan Tema & Judul yang Tepat

Usahakan memilih tema dan judul yang tepat yang benar-benar bisa kamu imajinasikan sehingga pembuatan kata-kata akan dengan mudah kamu dapatkan.

Baca juga: Perbedaan Syair dan Seloka

5. Gaya Bahasa Sesuai Tema Puisi

Pilihlah majas dan diksi yang sesuai tema. Mengapa? Karena hal tersebut sangatlah penting dimana pemilihan kata-kata yang sesuai dengan tema akan membuat puisimu lebih indah dan mengena ke hati pembaca.

1 Fashion murah

Puisi merupakan sebuah kata-kata ungkapan hati dan jadikanlah imajinasi pikiranmu menjadi sebuah kata-kata indah yang penuh makna mendalam.

Pemilihan tema dan judul yang tepat dan sisesuaikan dengan gaya bahasa yang baik akan menjadikan puisimu begitu menjadi candu para pendengarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu