Sebutkan Langkah-Langkah Menulis Teks Deskripsi! [Bahas]

Sebutkan langkah-langkah menulis teks deskripsi! Langkah menulis teks deskripsi itu mulai dari menentukan objek, menentukan perincian teks, menyusun perincian , mengembangkan perincian objek, dan menyunting teks.

1 Fashion murah

Namun bagaimana langkah-langkah tersebut dilakukan? Akan saya bahas secara lengkap di sini.

fashion muslim murah

Apa Itu Teks Deskripsi?

Teks deskripsi merupakan teks yang berisi gambaran sifat-sifat suatu hal yang dideskripsikan. Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam teks tersebut.

Teks deskripsi memberikan gambaran jelas tentang suatu hal tersebut baik berupa benda ataupun sifat.

Teks deskripsi dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran jelas tentang suatu hal. Sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi yang jelas.

Sifat dari teks deskripsi ini adalah ilustratif, ia bisa menggambarkan suatu hal secara nyata tanpa harus dilengkapi dengan ilustrasi gambarnya.

1 Fashion murah

Langkah-Langkah Menulis Teks Deskripsi

Bagaimana langkah-langkah menulis teks deskripsi? Dalam proses penyusunan nya, ada 5 tahapan yang harus kamu lakukan ketika menyusun teks deskripsi, di antaranya yaitu:

1. Menentukan Objek yang Akan Dideskripsikan

Pertama kamu tentukan dulu objek yang akan kamu deskripsikan. Setiap jenis objek akan memiliki gaya deskripsi yang berbeda-beda. Jadi sebelum menulis teks deskripsi, kamu harus tahu dulu apa objek nya.

Selain itu, menentukan objek juga akan membantu kamu menemukan referensi yang tepat untuk menulis deskripsi objek tersebut.

2. Kumpulkan Referensi Tentang Objek

Setelah itu, kamu juga perlu banget mengumpulkan referensi tentang objek yang akan kamu deskripsikan. Apalagi jika kamu tidak tahu spesifikasi dari objek tersebut.

Mengumpulkan referensi akan memperkaya intelektual kamu tentang objek tersebut.

3. Menyusun Perincian Teks Deskripsi

Kemudian kamu deskripsikan produk atau objek yang sudah kamu pilih tadi. Deskripsikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta jelas.

1 Fashion murah

Dengan demikian, pembaca akan bisa memahami apa yang kamu deskripsikan tersebut. Hindari penggunaan bahasa asing atau bahasa ilmiah yang tidak perlu.

4. Mengembangkan Perincian Objek Deskripsi

Dari deskripsi awal tadi, kamu kembangkan lagi menjadi lebih luas dan lebih jelas. Setiap kalimat pasti butuh penjelasan lebih rinci. Kamu buat deskripsi pada setiap bagiannya jadi lebih nyata.

Pengembangan kalimat ini akan membantu memperjelas setiap masalah yang muncul dari deskripsi awal. Dibagian inilah semua akan dijelaskan menjadi lebih detail dan lebih rinci.

5. Menyunting Teks Deskripsi

Setelah teks selesai ditulis, berikutnya kamu harus menyuntingnya terlebih dahulu. Dikhawatirkan ada kesalahan penulisan atau ada bagian yang perlu dikurang atau ditambah.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu