Kumpulan Contoh Artikel Fenomena Sosial di Masyarakat

Artikel fenomena sosial masyarakat Indonesia membahas tentang berbagai hal yang mengungkap permasalahan. Dengan begitu, akan ada hal-hal yang diungkapkan secara detail dari sudut pandang penulisnya.

Artikel ini dapat berupa teks eksposisi atau teks persuasif yang menyiratkan untuk menghindari fenomena sosial yang bernilai negatif.

Kumpulan Contoh Artikel Fenomena Sosial

Berikut ini beberapa kumpulan contoh artikel yang membahas tentang fenomena sosial, yaitu:

1. Contoh Artikel Fenomena Sosial di Masyarakat

Fenomena sosial yang masih sering menjadi pemicu permasalahan dalam kehidupan masyarakat yaitu status sosial. Dimana orang yang mempunyai jabatan tinggi akan lebih dihargai dibanding orang biasa.

Individu yang tergolong sebagai masyarakat tidak mampu maka seringkali akan dikucilkan oleh tetangga.

Perbedaan antara status sosial tersebut muncul karena adanya tingkat gaya hidup yang berbeda-beda.

Padahal setiap individu memang hidupnya selalu berdampingan. Harusnya tidak ada yang membedakan agar kehidupan menjadi damai.

Biarkan status sosial itu tidak ada agar setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama.

2. Contoh Artikel Fenomena Sosial Kenalakan Remaja

Kenakalan remaja difaktori oleh pergaulan di lingkungan masyarakat atau lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, faktor utama lainnya yaitu kenakalan remaja dapat disebabkan karena kurangnya perhatian dari orangtua.

Oleh karena itu, peran orangtua begitu penting dalam memberikan pendidikan karakter. Dengan begitu maka anak-anak usia remaja merasa dikasihi dengan penuh kasih sayang.

Apabila mereka mendapatkan kebahagiaan dari orangtua dalam lingkungan keluarga maka anak-anak remaja tidak akan mencari kebahagiaan di luar sana hinggi menjadi anak yang nakal.

Baca juga: Contoh Artikel Kenakalan Remaja di Sekolah

3. Contoh Artikel Fenomena Sosial Kemiskinan

Kemiskinan menjadi fenomena sosial yang dapat memunculkan tindak kekerasan dan kriminal. Setiap orang dalam kehidupan masyarakat menuntut untuk dihargai.

Terkadang, orang menilai individu lain dari status sosialnya. Apabila dianggap sebagai orang yang tidak mampu atau orang miskin maka akan kurang dihargai oleh individu lainnya.

Hal tersebut ternyata berdampak negatif pada psikologi orang sehingga ia dapat melakukan tindakan kriminalitas atau kekerasan. Tentu saja, hal tersebut terjadi pada orang-orang terdekatnya terlebih dahulu.

4. Contoh Artikel Fenomena Sosial Budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, tidak semua orang satu status sosial dan budayanya. Tentu, ada banyak beraneka budaya di masyarakat. Sebagai individu yang baik maka disarankan untuk menghargai setiap budaya yang ada.

Tetapi, terkadang orang yang tidak mengikuti budaya justru memberikan penilaian buruk. Sebaiknya, ketika tidak mengerti suatu budaya disarankan untuk bersikap acuh saja.

Dengan begitu maka kamu akan menjadi individu yang baik, tidak membuat orang merasa tidak nyaman ketika menjalankan budaya yang dipercayainya.

5. Contoh Artikel Fenomena Sosial Media

Sosial media di era sekarang, tidak hanya tentang hiburan. Ternyata penggunaan sosial media juga mempunyai dampak positif dan negatif. Tentu semua itu, tergantung dari sisi pengguna yang menggunakan media sosial.

Anak remaja biasanya hanya menggunakan medsos untuk sarana hiburan berbagi konten. Boleh saja, berbagi konten mengasah kreativitas dalam mengedit foto atau video.

Tapi, terkadang anak-anak remaja sekarang menggunakan medsos untuk menyindir orang lain hingga menyakiti hati. Ada juga orang yang menggunakan medsos untuk menyombongkan diri.

Oleh karena itu, gunakanlah medsos sewajarnya saja. Lakukan hal-hal positif dalam menggunakan medsos.

Baca juga: Perbedaan Teks Editorial dan Artikel

6. Contoh Artikel Fenomena Sosial Geografi

Geografi menjadi fenomena sosial yang masih menjadi masalah. Kenyataanya, orang yang tinggal di geografi dataran tinggi akan dianggap sebagai masyarakat pinggiran. Seperti, orang yang hidup di daerah terpencil.

Berbeda dengan masyarakat yang hidup di lingkungan perkotaan maka hidupnya penuh dengan gaya glamour.

Oleh karena itu, keadaan geografis tempat tinggal seseorang ternyata memang sangat mempengaruhi gaya hidup dan status sosial seorang individu.

Padahal, semua tak mesti benar karena dimanapun orang tersebut tinggal maka akan mempunyai kehidupan yang sama seperti individu lain pada umumnya.

Baca juga: Contoh Kesalahan Ejaan dan Perbaikannya

7. Contoh Artikel Fenomena Sosial Terkini

Banyak orang mengeluh tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Hal tersebut sebenarnya dikarenakan memang adanya pembagian bantuan yang tidak merata. Tentu saja, itu semua membuat prekspektif bahwa pemerintah tidak adil.

Oleh karena itu, sangat disarankan kepada pihak-pihak pemerintah yang mengurusi masalah bantuan untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Jadi, pemerintah jangan hanya mengandalkan pembagian bantuan untuk data-data itu saja. Coba sekali-kali melakukan kroscek ke lapangan. Melihat apakah orang yang mendapatkan bantuan memang sesuai.

Lihat juga kondisi pihak-pihak yang tidak mendapatkan bantuan apakah mereka benar-benar sudah memiliki kondisi ekonomi yang mapan.

Dengan begitu masyarakat akan merasa diperhatikan. Adanya pembagian bantuan yang tidak merata justru membuat penilaian masyarakat kepada pemerintah bahwa pemerintah tidak adil.

Di era sekarang dengan segala kondisi semua harga sembako mahal, tentu semua orang berdampak. Jika ingin memberi bantuan maka berikanlah secara menyeluruh hingga merata.

Artikel Menarik Lainnya: