√ Perbedaan Teks Editorial dan Artikel + Penjelasannya

Apa perbedaan teks editorial dan artikel? Teks editorial dan teks artikel ini sering kali dianggap sama. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.

Bahkan ada banyak banget perbedaan antara keduanya. Kamu akan tahu lebih jelas dan lebih banyak perbedaan antara teks editorial dan teks artikel di sini.

Apa Itu Teks Editorial dan Artikel?

Agar lebih paham kita harus mengetahui dulu pengertian dari teks editorial dan artikel itu apa. simak penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

1. Pengertian Teks Editorial

Teks editorial adalah teks yang berisi opini atau pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu atau masalah aktual.

Menurut KBBI teks editorial adalah artikel dalam surat kabar yang berisi pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa aktual atau sedang menjadi perbincangan hangat pada saat surat kabar di terbitkan.

Dan dapat kita simpulkan teks editorial merupakan opini atau pendapat yang ditulis oleh redaksi sebuah media terhadap isu aktual di masyarakat. Dan opini yang di tulis ini dianggap sebagai pandangan resmi media terhadap suatu isu aktual tersebut.

Dan di dalam teks editorial memiliki opini seperti penilaian, prediksi, harapan, dan juga saran. Teks editorial juga memiliki fungsi mempengaruhi dan meyakinkan pembaca terhadap isu tersebut.

2. Pengertian Teks Artikel

Artikel merupakan sebuah tulisan lengkap dalam media massa yang membahas isu atau topik tertentu dengan bahasa lugas. Agar pembaca mudah mengerti.

Artikel itu sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, meyakinkan, mendidik, atau menghibur pembaca.

Informasi yang terkandung dalam artikel adalah fakta aktual. Namun, terdapat juga artikel yang berisi fakta dan pendapat atau opini yang logis untuk meyakinkan pembaca. Di sesuaikan dengan tujuan penulisan artikelnya.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik

Perbedaan Teks Editorial dan Artikel

Teks editorial dan artikel sama-sama merupakan sebuah tulisan yang memberikan informasi fakta namun dengan struktur, ciri dan penyampaiannya yang berbeda.

Agar lebih paham kami rangkum apa saja perbedaan teks editorial dan artikel. diantaranya adalah:

1. Umum dan Khusus

Melihat dari pengertiannya bahwa teks editorial dan artikel memiliki perbedaan bahwa artikel bersifat umum dan di gunakan untuk semua berita yang meliputi peristiwa, bencana alam, kecelakaan, pertemuan, teknologi, dan lain-lain.

Sedangkan teks editorial adalah artikel khusus yang di muat di surat kabar dan memuat pendapat dewan redaksi tentang masalah yang di bahas.

2. Topik Yang DiBahas

Artikel di tulis berdasarkan fakta dengan topik yang di sesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Artikel bisa berupa menghibur, mendidik, mengkritisi yang di sebarluaskan di media massa.

Sedangkan teks editorial memiliki topik yang selalu hangat di perbincangkan dan di tulis oleh redaksi sebuah media.

3. Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan artikel itu sendiri bergantung pada penulisan artikel itu sendiri. Misal untuk penugasan dilakukan oleh siswa, tujuan infomasi, persuasi, dan entertainment oleh surat kabar. Untuk eksistensi, kreatif dan pemecahan masalah oleh individu.

Sedangkan tujuan teks editorial mengajak pembaca untuk ikut berpikir tentang isu yang sedang di perbincangkan hangat dengan opini dari redaksi tersebut.

4. Jenis Tulisan

Artikel memiliki tulisan yang tidak bias dan bebas dari subjektivitas. Sedangkan teks editorial itu beropini.

Baca juga: Situs Menulis Artikel Dibayar 1-10 Juta

Struktur Teks Editorial dan Artikel

Setelah mengetahui pengertian dan juga perbedaan dari artikel dan teks editorial. kamu juga perlu memahami struktur penulisan dari keduanya. diantaranya adalah:

1. Struktur Teks Editorial

Berikut ini merupakan struktur teks editorial, diantaranya adalah:

1.1. Pernyataan pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat dalam teks editorial berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang di angkat. Itu bisa berupa pernyataan, penilaian, prediksi, harapan, dan juga saran atau juga teori yang akan diperkuat oleh argumen.

1.2. Argumentasi

Selanjutnya struktur dalam teks editorial adalah adanya bentuk alasan, atau bukti yang di gunakan untuk memperkuat pernyataan tesis. Bisa berupa pernyataan umum, data hasil penelitian, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang di percaya.

1.3. Penegasan ulang pendapat (reiteration)

Berisi penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi.

2. Struktur Teks Artikel

Dan selanjutnya ada struktur teks artikel, diantaranya adalah:

2.1. Pengenalan Isu

Struktur teks artikel pertama yaitu pengenalan isu yang berisi permasalahan, fenomena, atau peristiwa aktual. Bagian ini sama dengan teks editorial atau teks berisi pandangan redaksi dalam media masa.

Perbedaannya isu di dalam teks editorial dipilih oleh redaksi media itu sendiri, sedangkan isu dalam artikel ditentukan berdasarkan minat penulisnya.

2.2. Rangkaian argumentasi

Rangkaian argumentasi berupa pendapat atau opini penulis terkait dengan isi ataupun topik yang di bahas. Bagian ini di lengkapi sejumlah teori, pendukung, dan fakta.

Baik yang diperoleh melalui wawancara, pengamatan, sumber-sumber lain. dalam penulisan artikel opini, terori tidak terlalu di tekankan.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Berita yang Baik & Benar

2.3. Penegasan kembali

Dan struktur artikel yang terakhir adalah adanya penegasan kembali yang berarti memberikan kesimpulan atas pembahasan sebelumnya. Bagian ini dapat di sertai dengan solusi, harapan, ataupun saran-saran.

Setiap jenis artikel memiliki struktur yang berbeda. Tapi umumnya struktur artikel mengacu pada tiga bagian inti yaitu pengenalan isu, rangkaian argumentasi, dan penegasan kembali.

Artikel Menarik Lainnya: