9 Cara Membuat Artikel Ilmiah Non Penelitian Baik & Benar

Bagaimana cara membuat artikel ilmiah non penelitian? Sebelum kamu membuat artikel ilmiah non penelitian ini, kamu tentu harus tahu dulu mekanisme pembuatannya.

Karena proses dan cara buat artikel ilmiah non penelitian beda dengan artikel ilmiah yang dibuat melalui proses penelitian.

Selain bahasa yang digunakan, format penulisannya pun sedikit berbeda lho. Kamu akan tahu proses selengkapnya di artikel ini.

Artikel Ilmiah Non Penelitian Adalah

Artikel ilmiah non penelitian adalah jenis artikel yang dibuat tidak berdasarkan pada hasil penelitian. Atau artikel yang dibuat bukan melalui proses penelitian.

Artikel ilmiah non penelitian mengacu pada suatu konsep, teori atau prinsip tertentu untuk mengembangkan model, mendeskripsikan fenomena atau fenomena tertentu.

Perbedaan Artikel Ilmiah Penelitian & Non Penelitian

cara membuat artikel ilmiah non penelitian

Beberapa perbedaan artikel ilmiah penelitian dan artikel ilmiah non penelitian, yaitu sebagai berikut:

1. Artikel Ilmiah Penelitian

Artikel ilmiah penelitian yaitu artikel yang bersumber dari laporan hasil penelitian dengan maksud untuk kepentingan publikasi yang di muat pada jurnal ilmiah.

Dan penelitian tersebut lazimnya memiliki ringkasan dari laporan penelitiannya. Selain itu harus merujuk pada penelitian yang menggunakan metode ilmiah yang telah baku.

2. Artikel Ilmiah Non Penelitian

Sedangkan artikel ilmiah non penelitian merupakan artikel yang rujukannya tidak perlu di dasarkan pada penelitian bisa saja rujukannya berupa analisis pribadi atau lainnya.

Ketentuan menulisnya sama dengan ketentuan menulis makalah panjangnya tidak lebih dari 20 halaman. Dengan kajian lingkup ilmu pengetahuan sehingga masih dikatakan sebagai artikel ilmiah.

Format Artikel Ilmiah Non Penelitian

cara membuat artikel ilmiah non penelitian

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa artikel ilmiah non penelitian memiliki format berbeda dengan artikel ilmiah penelitian. Format artikel ilmiah non penelitian yang baik dan benar yaitu seperti berikut:

1. Judul Artikel

Pemilihan judul sangatlah penting karena judul merupakan bagian pertama yang harus di tulis. Judul adalah kata-kata yang mewakili dari seluruh isi tulisan.

Pilihlah judul secara cermat dan pikirkan keefektifitisan judul tersebut.

2. Nama Penulis Artikel

Dalam format penulisan artikel ilmiah non penelitian harus dicantumkannya nama penulis biasanya beserta nama lembaga serta kontak yang bisa dihubungi. Tulislah nama tanpa menggunakan gelar.

3. Abstrak Artikel

Selanjutnya setelah judul dan nama yaitu abstrak atau inti sari dari tulisan yang kamu buat.

Abstrak ditulis secara singkat dan secara umumnya baisanya abstrak menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia.

4. Pendahuluan

Dalam penulisan artikel ilmiah non penelitian selanjutnya yaitu pendahuluan . dalam pendahuluan memuat latar belakang masalah dan alasan mengapa kamu menulis topik tersebut.

5. Isi Artikel

Isi artikel bagian ini sangat penting karena berisi pemaparan analisis serta argumen-argumen berdasarkan kajian pustaka secara mendalam sesuai prinsip-prinsip dasar keilmuan.

6. Penutup & Kesimpulan

Format artikel ilmiah non penelitian berikutnya adalah adanya penutup dan kesimpulan.

Setelah menjelaskan analisis dan argumen dalam isi artikel lalu berikan kesimpulan berikanlah pernyataan yang menegaskan topik permasalahan dan penyelesaiannya lalu hasilnya.

7. Daftar Pustaka

Selanjutnya format artikel ilmiah non penelitian adalah adanya daftar pustaka atau referensi rujukan yang telah kamu gunakan dalam menulis artikel tersebut.

Cara Membuat Artikel Ilmiah Non Penelitian yang Benar

cara membuat artikel ilmiah non penelitian

Cara membuat artikel ilmiah non penelitian itu sebenarnya mudah banget lho. Berikut adalah langkah-langkah cara buat artikel ilmiah non penelitian:

1. Tentukan Tema & Judul Artikel

Tentukan tema dan judul artikel. Karena judul merupakan kata-kata yang mewakili isi artikel.

Alangkah baiknya buatlah judul yang menarik dan juga sesuai dengan isi yang disampaikan hindari judul yang terlalu panjang dan bertele-tele.

2. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan bahan yang dibutuhkan dalam membuat artikel ilmiah non penelitian seperti data-data, analisis-analisis, argumen orang lain untuk di jadikan referensi.

3. Kumpulkan Referensi

Kumpulkan referensi yang kamu butuhkan untuk menunjang dan sebagai bahan penguat isi artikel kamu. Pilihlah referensi dari sumber terpercaya sehingga dapat di jamin kualitas kebenarannya.

4. Buat Cover & Data Penulis

Cara untuk membuat artikel ilmiah non penelitian selanjutnya adalah buat cover dan data penulis. Buatlah cover yang menarik jangan terlalu rame namun terkesan rapi dan cocok untuk artikel ilmiah.

Bubuhkan data penulis secara singkat seperti nama tanpa gelar, lembaga dan nomber yang bisa dihubungi seperti email d

5. Buat Abstrak

Cara membuat artikel ilmiah non penelitian selanjutnya yaitu membuat abstrak. Buatlah abstrak yang rinci namun singkat dan jelas gunakan kata sefektif mungkin. Hindari kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele.

Karena abstrak memuat inti sari dari isi artikel usahakan yang ada di abstrak memuat hampir secara kesulurah isi yang di ringkan masukan poin-poin pentingnya saja.

6. Buat Pendahuluan yang Menarik & Jelas

Selanjutnya buatlah pendahuluan yang menarik dan jelas. Pendahuluan memuat latar belakang masalah dan topik yang ingin dibahas.

Usahakan buat pendahuluan jangan terlalu panjang fokuskan ke inti masalah yang ingin di bahas.

7. Tuliskan Isi Artikel Ilmiah

Tuliskan isi artikel ilmiah sesuai tema dan judul yang kamu tulis. Berikan referensi yang sesuai dengan analisis-analisis yang telah kamu lakukan.

8. Buat Simpulan yang Lengkap & Jelas

Berikutnya yaitu buat kesimpulan yang lengkap dan jelas. Setelah memaparkan isi dari artikel buat kesimpulan dari permasalahan dan cara penyelesaian dan hasil yang didapatkan.

9. Tulis Daftar Pustaka

Terakhir tulislah daftar pustaka yang telah di jadikan referensi kamu dalam menulis isi artikel ilmiah. Tulislah daftar pustaka sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Akhir Kata

Cara membuat artikel ilmiah non penelitian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel penelitian biasa. Hanya saja format dan bahasa yang digunakan sedikit berbea.

Proses pembuatan secara keseluruhan mah tidak jauh berbeda. Kami bisa buat dengan langkah-langkah di atas.

Tinggalkan komentar