7 Contoh Artikel Tentang Sampah Organik Dan Anorganik

7 Contoh Artikel Tentang Sampah Organik dan Anorganik

Contoh Artikel Tentang Sampah Organik dan Anorganik

Artikel tentang sampah membahas tentang argumen atau pendapat dari sudut pandang orang tertentu mengenai sampah. Umumnya, artikel ini dapat berupa teks persuasif.

Dengan begitu, dalam teks tidak hanya tersiratkan pendapat, tetapi juga ada kalimat ajakan kepada pembaca.

Contoh Artikel Tentang Sampah di Indonesia

Berikut ini contoh artikel tentang sampah di Indonesia yang berupa teks persuasif, yaitu:

1. Contoh Artikel Tentang Sampah Plastik

Sampah plastik sedang dalam tahap minimalisasi oleh pemerintah. Untuk menekan angka limbah plastik yang cukup tinggi maka pemerintah meminta agar masyarakat tidak menggunakan plastik.

Terutama penggunaan plastik untuk belanja atau membawa barang bawaan apapun.

Sebagai jenis sampah anorganik, plastik memang mudah terurai. Tetapi, perilaku masyarakat yang tidak perhatian dengan limbah. Biasanya akan membiarkan sampah plastik tertumpuk-tumpuk hingga menjadi limbah yang tidak bermanfaat.

Sebaiknya, kamu dapat mengolah sampah plastik menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomis. Dengan begitu sampah plastik akan bermanfaat, tidak menimbulkan ada limbah.

2. Contoh Artikel Tentang Sampah Organik dan Anorganik

Ternyata banyak masyarakat yang belum bisa memahami dengan detail antara perbedaan sampah organik dan anorganik. Padahal, mengenai kedua sampah itu seringkali memunculkan masalah di masyarakat.

Sampah yang tidak dipilah berdasarkan organik maupun non organik dapat menimbulkan limbah dan pencemaran. Oleh karena itu, penting sekali membuang sampah berdasarkan jenisnya.

Dengan begitu maka lingkungan kamu akan menjadi sehat dan bersih. Pastikan kamu sudah memahami dengan benar antara sampah organik dan non organik.

Adanya fenomena tersebut, sebenarnya membukakan pemikiran bahwa masyarakat di era sekarang memang sebenarnya masih membutuhkan sosialisasi tentang sampah organik dan non organik.

Dimulai dari pemahaman tersebut maka masyarakat dapat berperilaku sehat dan bersih.

Baca juga: Contoh Artikel Pendidikan di Indonesia

3. Contoh Artikel Tentang Sampah di Sekolah

Sampah di sekolah tentu saja belum terpilah, banyak siswa yang membuang sampah tidak sesuai dengan jenisnya. Oleh karena itu, sampah di sekolah menjadi limbah. Semua sampah organik dan anorganik menyatu jadi satu.

Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya sosialisasi pentingnya mengenal sampah organik maupun sampah anorganik kepada warga sekolah, terutama siswa.

Boleh saja, memberikan sanksi kepada siswa yang membuang sampah tidak sesuai dengan jenisnya.

Hal tersebut tentu dapat menjadi salah satu hal untuk memulai sekolah yang sehat dan bersih.

4. Contoh Artikel Tentang Sampah yang Menumpuk

Sampah memang sekarang ini masih dalam tahap minimalisasi oleh pemerintah. Untuk menekan jumlah sampah yang menumpuk maka kamu sebaiknya membuang sampah yang dapat terurai atau membakarnya.

Dengan begitu maka sampah tersebut tidak akan menumpuk kemudian menjadi limbah.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu memiliki tempat sampah yang dikhususkan untuk sampah organik dan anorganik.

Membuang sampah berdasarkan jenisnya dapat membantu menghindari penumpukan sampah yang dapat memberikan dampak penyakit.

Sebaiknya, kamu dapat mengolah sampah plastik menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomis. Dengan begitu sampah yang menumpuk tidak menjadi limbah, tetapi dapat bernilai.

Baca juga: Contoh Artikel Fenomena Sosial di Masyarakat

5. Contoh Artikel Tentang Sampah di Lingkungan Masyarakat

Sampah di lingkungan masyarakat sekarang ini masih banyak yang terlihat menumpuk. Hal tersebut dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat terhadap kesehatan lingkungan.

Seharusnya, masyarakat dapat memilah dan memilih sampah berdasarkan jenisnya. Dengan begitu maka masyarakat dapat membakar sampah yang sudah tidak ada nilai ekonomisnya.

Jika dapat di daur ulang maka masyarakat dapat menjadikannya sebagai benda yang dapat digunakan kembali.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman mengenai sampah kepada masyarakat. Diperlukan sosialisasi khusus tentang sampah sehingga tidak ada lagi sampah yang menumpuk di lingkungan masyarakat.

6. Contoh Artikel Tentang Sampah di Sungai

Sampah di sungai dapat menimbulkan adanya bencana banjir. Selain itu, sampah yang dibuang sembarangan ke sungai juga dapat menimbulkan adanya wabah penyakit.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menerapkan sanksi kepada masyarakat yang membuang sampah di sungai.

Tentu saja, hal tersebut bertujuan agar lingkungan menjadi sehat dan bersih. Dengan begitu maka masyarakat juga akan terbebas dari berbagai wabah penyakit.

Masyarakat juga disarankan untuk memilah sampah berdasarkan jenis-jenisnya sehingga tidak akan memicu sampah menumpuk.

Tentu saja, sampah yang menumpuk tidak hanya memberikan pencemaran udara tetapi juga limbah yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga: Perbedaan Teks Editorial dan Artikel

7. Contoh Artikel Tentang Sampah di Indonesia

Sampah plastik di Indonesia sedang dalam tahap minimalisasi oleh pemerintah. Untuk menekan sampah yang banyak hingga menimbulkan wabah penyakit maka pemerintah meminta agar masyarakat membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Sebagai jenis sampah anorganik, plastik memang mudah terurai. Tetapi, perilaku masyarakat yang tidak perhatian dengan limbah. Biasanya akan membiarkan sampah plastik tertumpuk-tumpuk hingga menjadi limbah yang tidak bermanfaat.

Sebaiknya, kamu dapat mengolah sampah plastik menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomis. Dengan begitu sampah plastik akan bermanfaat, tidak menimbulkan ada limbah.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: