8 Cara Menjual Cerita Karangan Sendiri Biar Untung Banyak

Cara Menjual Cerita Karangan Sendiri Biar Untung Banyak

Bagaimana cara menjual cerita karangan sendiri? Apakah bisa tanpa melalui penerbit? Bisa banget bahkan ada banyak cara yang bisa kamu coba.

Kamu bisa dor to dor tawarkan buku atau cerita buatan kamu sendiri ke platform tertentu.

Ini pasti akan melelahkan banget. Namun jika itu demi mimpi dan keinginan kamu, pasti hal tersebut tidak akan terasa melelahkan.

Saya akan coba ungkap beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menjual hasil tulisan kamu tersebut.

Bisakah Kita Menjual Cerita Karangan Sendiri?

Jawabannya tentu bisa. Dengan memanfaatkan internet dan tren penjualan online yang semakin booming. Seorang penulis bisa memperluas kesempatan berkarya dan mendapatkan penghasilan tak hanya di cerita fiksi seperti novel.

Namun non fiksi, cerita karangan, blog, caption media sosial pun semakin potensial untuk mendapatkan uang.

Bagaimana Cara Menjual Cerita Karangan Sendiri?

Dan berikut di bawah ini merupakan cara menjual cerita karangan sendiri, diantaranya adalah:

1. Publish Di Platform Menulis Cerita Online

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menulis cerita sebagus mungkin. Menulis cerita yang bisa menggugah pembaca dan editor. Kalau sudah bagus kemungkinan akan diterima semakin besar.

Lalu publish di berbagai platform menulis cerita karangan seperti NovelToon, Wattpad, Fizzo dan lain-lain kamu bisa cari di internet.

2. Jual Ke Koran

Selanjutnya kamu bisa menjual cerita karanganmu ke beberapa koran rutin. Dan biasanya koran rutin akan menerima cerita berbentuk cerpen. Kamu bisa langsung kirim via email dan tugasmu mencari tahu koran mana yang suka memuat cerpen di dalamnya.

3. Jual Ke Media Online

Dan sejauh ini ada banyak media online yang membayar esai dari kiriman penulisnya baik cerpen atau puisi seperti Detik, Mojok dan Basabasi dan media online lainnya.

4. Jual Cerita Ke Pemilik Blog

Kamu bisa menjual ceritamu ke pemilik blog lain jika kamu tak memiliki blog pribadi. Kamu bisa menghubungi blog yang bersangkutan dan hak cipta cerita karangan kamu akan jadi milik pemilik blog.

5. Ajukan Ke Penerbit

Dan selajutnya kamu bisa jual cerita karangan kamu ke penerbit baik berbentuk cerpen, puisi, naskah, dan lain-lain. kamu bisa memilih mengirim ke penerbit indie atau penerbit mayor.

6. Bikin E-Book

Selanjutnya kamu bisa menjual cerita karangan sendiri dan mengumpulkannya menjadi e-book lalu posting di blog kamu. Contoh kamu menulis tips dan trik atau panduan, lalu jadikan e-book dan kemudia jual di blog.

Karena pembaca sudah tahu gaya penulisan kamu maka akan mudah mendapatkan pembeli jika di pasarkan di sana.

7. Tawarkan Ke Pengarang

Sekiranya kurang paham tata cara menjual cerita karangan sendiri, sebaiknya langsung jual ke pengarang. Sehingga nanti hak ciptanya menjadi miliki si pengarang.

8. Jual Di Gruf Jual-Beli Artikel

Artikel masih bisa dikatakan cerita karangan sendiri sehingga bagi yang punya bakat nulis artikel kamu bisa pasarkan karyamu di gruf tersebut.

Keuntungan Menjual Cerita Karangan Sendiri

Lalu apa keuntungan menjual cerita karangan sendiri? Ternyata, selain untuk menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan saat menjual cerita karangan sendiri.

Berikut keuntungan menjual cerita karangan sendiri diantaranya adalah:

1. Mengembangkan Potensi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari menjual cerita karangan sendiri adalah bisa mengembangkan potensi kamu dalam menulis. Karena akan semakin banyak kesempatan untuk kamu mengembangkan kemampuan yang telah kamu miliki.

2. Dapat Mengekspresikan Perasaan

Selanjutnya keuntungan kamu dalam menulis dan menjual karangan sendiri kamu itu sebenarnya telah mengekspresikan perasaan kamu dengan sebuah tulisan. Hal tersebut sangat berguna untuk kejiwaan kamu karena mencurahkan isi hati dan berekspresi dengan tulisan sangat baik untuk dilakukan.

3. Dapat Mengembangkan Pengetahuan Yang Kamu Miliki

Jika tulisan pertamamu mendapat apresiasi dan terjual di sebuah platform menulis tentunya itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kamu.

Tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan memacu kamu untuk mengembangkan kemampuan agar menjadi lebih baik lagi. Dan membuat ingatan kamu lebih terjaga.

4. Mengangkat Personal Brand

Selain itu keuntungan menjual cerita karangan sendiri ini akan mengangkat personal brand. Artinya hal ini akan membantumu dalam mengangkat citra kamu serta popularitas kamu dalam menerbitkan tulisan.

Dalam artian kamu memiliki tulisan yang berkualitas sehingga kamu bisa dengan cepat memperluas jaringan dalam menulis dan lebih mudah dikenal.

5. Membangun Self Confindent

Dengan cara menjual cerita karangan sendiri keuntungannya adalah membangun self confodent. Tulisan berkualitas akan menarik perhatian pembaca dan tentunya kamu akan merasa lebih percaya diri dengan tulisan kamu.

Tentunya ketika orang senang dengan tulisan kamu secara tidak langsung kepercayaan diri kamu akan meningkat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: